I.
Judul : Pengaruh
Pemberian Gambar dan Warna pada Bacaan terhadap Tingkat Pemahaman Pelajar Mengenai
Isi Bacaan
II.
Latar Belakang
Berdasarkan
KBBI, pemahaman berasal dari kata paham, yang berarti proses, cara, perbuatan
memahami atau memahamkan. Pemahaman adalah kemampuan seseorang untuk mengerti
atau memahami sesuatu setelah sesuatu itu deketahui dan diingat (Anas Sudijono,
2009). Sedangkan menurut Sudaryono, 2012, pemahaman adalah kemampuan seseorang
untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari, yang dinyatakan
dengan menguraikan isi pokok dari suatu bacaan atau mengubah data yang
disajikan dalam bentuk tertentu ke bentuk yang lain. Dengan kata lain,
pemahaman adalah suatu proses yang dialami seseorang dalam menangkap makna atau
memahami isi bahan yang dipelajari, yang akan ditunjukkan dengan kemampuan
seseorang dalam mengembangkan dan menguraikan kembali bahan yang telah dipelajarinya.
Pemahaman
seseorang akan bahan yang dipelajari berbeda antara satu orang dengan orang
lainnya. Hal ini sering disebut dengan tingkat pemahaman. Tingkat pemahaman
seseorang dapat dibedakan dalam 3 kategori, yaitu tingkat terendah (pemahaman
terjemahan), mulai dari menerjemahkan dalam arti yang sebenarnya, mengartikan
dan menerapkan prinsip-prinsip, tingkat kedua (pemahaman penafsiran),
menghubungkan bagian-bagian terendah dengan yang diketahui berikutnya atau
menghubungkan beberapa bagian grafik dengan kejadian, membedakan yang pokok
dengan yang tidak pokok, dan yang ketiga (pemahaman ektrapolasi), kemampuan
seseorang melihat makna yang tersirat, sehingga mampu membuat kesimpulan dari
apa yang telah dipelajarinya (Khasanah, 2016).
Tingkat
pemahaman ini umumnya selalu dikaitkan dengan pelajar. Padahal tingkat
pemahaman ini dimiliki oleh semua orang dari berbagai golongan, bukan hanya
pelajar. Hal ini terjadi karena kebanyakan masyarakat hanya terpaku pada tugas
seorang pelajar yaitu belajar. Dimana dalam mempelajari sesuatu seseorang harus
memahami suatu yang dipelajarinya. Begitu pula dengan pelajar yang harus
memahami isi bacaan yang dipelajarinya. Oleh karena itu, tingkat pemahaman ini
menjadi hal yang sangat penting bagi seorang pelajar. Namun seperti yang kita
ketahui, salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh seorang pelajar
yaitu sulitnya memahami isi dari suatu bacaan.
Tingkat
pemahaman seorang pelajar akan bacaan yang dipelajarinya dipengaruhi oleh
beberapa faktor. Satu diantaranya, yaitu tampilan dari sebuah bacaan. Seorang
penulis dan penerbit memiliki cara dan gaya tersendiri ketika menerbitkan
sebuah karyanya. Penerbit yang baik adalah penerbit yang mampu menerbitkan
sebuah karya yang berkualitas walaupun dilihat dari berbagai sudut pandang. Umumnya,
tampilan dari sebuah bacaan dapat digolongkan dalam dua jenis, yaitu bacaan
yang hanya menyajikan tulisan dan bacaan yang menyisipkan gambar dan warna
didalamnya. Perbedaan dua jenis tampilan ini tampak tak begitu berarti. Namun
sebagian besar pelajar lebih memilih membaca sebuah bacaan yang disisipkan
gambar didalamnya. Pelajar juga akan memberikan warna pada bacaan ketika akan
mempelajari bacaan tersebut, dengan alasan agar lebih mudah memahami isi dari
bacaan yang dipelajarinya. Hal ini sangat sering dilakukan oleh pelajar, namun
belum ada data yang menunjukkan apakah hal tersebut memang berpengaruh terhadap
tingkat pemahaman pelajar.
Berdasarkan
uraian di atas, maka penulis ingin meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh
pemberian gambar dan warna pada bacaan terhadap tingkat pemahaman pelajar
mengenai isi bacaan. Hal ini sangat penting untuk diketahui mengingat banyaknya
pelajar yang mengalami kesulitan dalam memahami suatu bacaan. Sehingga
kedepannya dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh pihak penerbit dalam
membuat tampilan yang tepat untuk suatu bacaan.
III.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah yang menjadi
topik dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut.
1. Apakah pemberian gambar dan warna
berpengaruh terhadap tingkat pemahaman pelajar mengenai isi bacaan yang
dipelajarinya?
2. Berapa besar pengaruh pemberian gambar
dan warna terhadap tingkat pemahaman pelajar mengenai isi bacaan yang
dipelajarinya?
No comments:
Post a Comment