Thursday, January 23, 2020

Pengaruh Pemberian Gambar dan Warna pada Bacaan terhadap Tingkat Pemahaman Pelajar Mengenai Isi Bacaan (Judul, Latar Belakang, dan Rumusan Masalah)


I.         Judul :    Pengaruh Pemberian Gambar dan Warna pada Bacaan terhadap Tingkat Pemahaman       Pelajar Mengenai Isi Bacaan
II.      Latar Belakang
Berdasarkan KBBI, pemahaman berasal dari kata paham, yang berarti proses, cara, perbuatan memahami atau memahamkan. Pemahaman adalah kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah sesuatu itu deketahui dan diingat (Anas Sudijono, 2009). Sedangkan menurut Sudaryono, 2012, pemahaman adalah kemampuan seseorang untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari, yang dinyatakan dengan menguraikan isi pokok dari suatu bacaan atau mengubah data yang disajikan dalam bentuk tertentu ke bentuk yang lain. Dengan kata lain, pemahaman adalah suatu proses yang dialami seseorang dalam menangkap makna atau memahami isi bahan yang dipelajari, yang akan ditunjukkan dengan kemampuan seseorang dalam mengembangkan dan menguraikan kembali bahan yang telah dipelajarinya.
Pemahaman seseorang akan bahan yang dipelajari berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Hal ini sering disebut dengan tingkat pemahaman. Tingkat pemahaman seseorang dapat dibedakan dalam 3 kategori, yaitu tingkat terendah (pemahaman terjemahan), mulai dari menerjemahkan dalam arti yang sebenarnya, mengartikan dan menerapkan prinsip-prinsip, tingkat kedua (pemahaman penafsiran), menghubungkan bagian-bagian terendah dengan yang diketahui berikutnya atau menghubungkan beberapa bagian grafik dengan kejadian, membedakan yang pokok dengan yang tidak pokok, dan yang ketiga (pemahaman ektrapolasi), kemampuan seseorang melihat makna yang tersirat, sehingga mampu membuat kesimpulan dari apa yang telah dipelajarinya (Khasanah, 2016).
Tingkat pemahaman ini umumnya selalu dikaitkan dengan pelajar. Padahal tingkat pemahaman ini dimiliki oleh semua orang dari berbagai golongan, bukan hanya pelajar. Hal ini terjadi karena kebanyakan masyarakat hanya terpaku pada tugas seorang pelajar yaitu belajar. Dimana dalam mempelajari sesuatu seseorang harus memahami suatu yang dipelajarinya. Begitu pula dengan pelajar yang harus memahami isi bacaan yang dipelajarinya. Oleh karena itu, tingkat pemahaman ini menjadi hal yang sangat penting bagi seorang pelajar. Namun seperti yang kita ketahui, salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh seorang pelajar yaitu sulitnya memahami isi dari suatu bacaan.
Tingkat pemahaman seorang pelajar akan bacaan yang dipelajarinya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Satu diantaranya, yaitu tampilan dari sebuah bacaan. Seorang penulis dan penerbit memiliki cara dan gaya tersendiri ketika menerbitkan sebuah karyanya. Penerbit yang baik adalah penerbit yang mampu menerbitkan sebuah karya yang berkualitas walaupun dilihat dari berbagai sudut pandang. Umumnya, tampilan dari sebuah bacaan dapat digolongkan dalam dua jenis, yaitu bacaan yang hanya menyajikan tulisan dan bacaan yang menyisipkan gambar dan warna didalamnya. Perbedaan dua jenis tampilan ini tampak tak begitu berarti. Namun sebagian besar pelajar lebih memilih membaca sebuah bacaan yang disisipkan gambar didalamnya. Pelajar juga akan memberikan warna pada bacaan ketika akan mempelajari bacaan tersebut, dengan alasan agar lebih mudah memahami isi dari bacaan yang dipelajarinya. Hal ini sangat sering dilakukan oleh pelajar, namun belum ada data yang menunjukkan apakah hal tersebut memang berpengaruh terhadap tingkat pemahaman pelajar.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis ingin meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh pemberian gambar dan warna pada bacaan terhadap tingkat pemahaman pelajar mengenai isi bacaan. Hal ini sangat penting untuk diketahui mengingat banyaknya pelajar yang mengalami kesulitan dalam memahami suatu bacaan. Sehingga kedepannya dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh pihak penerbit dalam membuat tampilan yang tepat untuk suatu bacaan.
III.   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah yang menjadi topik dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut.
1.   Apakah pemberian gambar dan warna berpengaruh terhadap tingkat pemahaman pelajar mengenai isi bacaan yang dipelajarinya?
2.    Berapa besar pengaruh pemberian gambar dan warna terhadap tingkat pemahaman pelajar mengenai isi bacaan yang dipelajarinya?

No comments:

Post a Comment